1,6 Juta Anak Indonesia Beresiko Alami Alergi Susu Sapi

JAKARTA, AktualNews.Org-– Prevalensi alergi protein susu sapi pada anak di bawah usia 5 tahun di Indonesia berkisar antara 2% hingga 7,5% atau sekitar lebih dari 1,6 juta anak di Indonesia yang beresiko mengalami alergi susu sapi.

Kondisi alergi tersebut penting untuk menjadi perhatian serius bagi orang tua. Sebab,  jika tidak ditangani dengan tepat, hal itu dapat berpotensi menghambat tumbuh kembang optimal anak.

Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak dengan alergi susu sapi berisiko mengalami gangguan pertumbuhan, apabila tidak ditangani dengan baik.

Dr. dr. Zahrah Hikmah, Sp.A(K) sebagai Dokter Anak Spesialis Konsultan Alergi & Imunologi mengatakan, alergi protein susu sapi terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak normal terhadap protein susu sapi.

Akibatnya, hal itu dapat menimbulkan beberapa gejala termasuk pada saluran cerna yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting dalam susu sapi.

Kondisi ini perlu menjadi perhatian karena susu termasuk salah satu sumber protein yang dibutuhkan anak untuk dukung tumbuh kembang optimal, termasuk dalam pencegahan stunting.

BACA JUGA:

Tentang Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Dunia, Presiden Joko Widodo Minta Peran Negara G20

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *