Selamat Datang di Kota Pancasila Mgr. Paul Budi Kleden, SVD: Peliharalah Kasih Persaudaraan

SESUAI agenda Uskup Agung Ende, Mgr. Paul Budi Kleden, SVD tiba di Ende, Kota Pancasila pada Sabtu 10 Agustus 2024. Ia kembali ke rahim Kota Ende-Locus di mana Proklamator Bung Karno pernah merenungkan lima mutiara falsafah hidup yang kemudian  dijadikan sebagai Idiologi atau  dasar negara kesatuan Republik Indonesia yang disebut Pancasila.

Mgr. Paul datang dari Roma Pusat Kongregasi SVD sejagat menuju Ende—Kota penuh kenangan dan diwarnai momen sejarah yang luar biasa.

Suatu momen sejarah terlahir yang bukan saja karena pada rentang waktu 1934-1938 sosok proklamator Bung Karno menjalani masa pengasingan di Kota Ende. Lebih dari itu, dalam konteks kehidupan gereja, khususnya keberadaan Kongregasi Societas Verbi Divini (SVD) atau Serikat Sabda Allah di Ende, di mana saat momen bersejarah itu, ada fakta di mana terbangunnya komunikasi aktif antara Bung Karno dengan para pastor Kongregasi SVD terkait aneka hal kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, termasuk berdiskusi seputar  falsafat negara yang kemudian menjadi pilar kebangsaan yang dinamakan Pancasila selama Presiden Pertama RI ini berada di Ende sejak 14 Januari 1934 hingga 18 November 1938.

The post Selamat Datang di Kota Pancasila Mgr. Paul Budi Kleden, SVD: Peliharalah Kasih Persaudaraan appeared first on Pojok Bebas.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *