Kemenlu Iran: Balasan Atas Kematian Haniyeh Hak Setiap Negara

JAKARTA, AktualNews.Org– Iran menegaskan akan melakukan aksi balas dendam terhadap Israel atas kematian pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengatakan bahwa aksi balas dendam merupakan hak setiap negara.

Iran punya hak untuk melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya dalam merespons serangan yang diduga dilakukan Israel itu.

“Kami percaya bahwa Iran berhak menghukum agresor dalam kerangka hukum internasional,” kata Kanaani dikutip kantor berita Iran, Tasnim, pada Senin (5/8).

“Iran pasti dan tegas akan mengambil tindakan serius dan pencegahan dengan menggunakan hak inherennya berdasarkan prinsip-prinsip internasional untuk memastikan keamanannya,” sambungnya.

Dalam pertemuannya dengan Dewan Keamanan Rusia Sergei Shoigu di Teheran pada Senin, Presiden Iran Masoud Pezeshkian juga menjamin Israel “pasti akan menerima balasan atas kejahatan dan penghinaan” terhadap negaranya.

“Tindakan kriminal rezim Zionis terhadap rakyat Gaza yang tak berdaya dan pembunuhannya terhadap martir Ismail Haniyeh di negara kami adalah contoh nyata pelanggaran semua aturan dan hukum internasional,” kata Pezeshkian dikutip Al Jazeera dari situs Kepresidenan Iran.

BACA JUGA:

Konflik Timur Tengah Berdampak Buruk bagi Ekonomi Indonesia

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *