Nilai-Nilai Pancasila dan Praktek Bhineka Tunggal Ika: Bangga Menjadi Orang Indonesia di Amerika Latin

"Bhineka Tunggal Ika" Indonesia dan "Joaju, Oñondivepa, Ikatu" Paraguay

PADA 17 Agustus 2024, Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan ke-79. Momen ini telah mengundang kita untuk merenungkan nilai-nilai dasar yang membimbing negara Indonesia sejak proklamasi kemerdekaannya. Inti identitas nasional kita terdapat dalam nilai-nilai Pancasila, yang merangkum prinsip-prinsip kehidupan sosial, politik, dan budaya. Nilai-nilai ini tidak hanya berfungsi sebagai arah moral kehidupan berbangsa, tetapi juga terwujud dalam filosofi Bhineka Tunggal Ika, yang menekankan persatuan dalam keberagaman. Ini sangat relevan bagi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, termasuk di Amerika Latin, mereka merayakan identitas budayanya dengan cara yang unik.

Pancasila terdiri dari lima prinsip dasar: kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, keadilan dan kemanusiaan, persatuan Indonesia, demokrasi yang dipandu oleh kebijaksanaan dalam musyawarah perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-Nilai Pancasila dan Praktek Bhineka Tunggal Ika: Bangga Menjadi Orang Indonesia di Amerika Latin
Acara Integrasi Budaya di Colegio San Blas, Obligado, Itapua, Paraguay (Milil SVD). Foto istimewa

The post Nilai-Nilai Pancasila dan Praktek Bhineka Tunggal Ika: Bangga Menjadi Orang Indonesia di Amerika Latin appeared first on Pojok Bebas.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *