Gelar HUT RI di IKN,  Jokowi Sewa 1.000 Mobil, Rp 25 Juta Per Unit

JAKARTA, AktualNews.Org–Presiden Jokowi nekat menggelar upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini, meski infrastruktur belum memadai.

Bahkan untuk akomodasi para tamu ke lokasi upacara, pemerintah harus menyiapkan anggaran cukup besar bagi para tamu. Sebanyak 1.000 mobil Alphard disiapkan dengan tarif Rp25 juta per unit.

Terkait sewa mobil tersebut, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menilai harga penyewaan 1.000 unit mobil Alphard untuk fasilitas tamu negara saat upacara tidak terbilang mahal.

“Kalau untuk national day atau hari kemerdekaan menurut saya enggak ada yang mahal. Karena itu adalah hari kita,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024.

Moeldoko menyatakan penggunaan anggaran negara itu sudah diperhitungkan secara matang. Dia memastikan, pemerintah mengontrol setiap penggunaan keuangan negara.

“Tapi bukan berarti terus penggunaan anggaran negara itu apa, suka-suka kita. Semuanya bisa dikontrol,” tegas Moeldoko.

Menurutnya, tak hanya penyewaan mobil yang mengalami pelonjakan. Tapi juga penyewaan kamar hotel di kawasan IKN yang juga melonjak jelang Hari Kemerdekaan

“Termasuk juga hotel itu cukup mahal. Mestinya ini kan case-case tertentu. Memaknainya adalah jangan disamakan apple to apple dengan situasi yang umum,” katanya.

“Bagi saya untuk kepentingan hari ulang tahun negara itu engga ada yang mahal,” sambung mantan Panglima TNI itu.

BACA JUGA:

Gubernur Viktor: Taman Nasional Komodo Merupakan Kawasan Konservasi

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *