Membangun Gaya Hidup Sederhana Sebagai Benteng Melawan Korupsi

TINDAK pidana korupsi saat ini sering kali kita dengar dan telah meluas ke masyarakat sekitar kita. Siapapun berpotensi melakukan tindakan korupsi, namun siapapun juga bisa melawan aksi korupsi. Sikap melawan korupsi bisa dimulai dari diri kita, sekitar kita, bahkan bisa dimulai dari hal terkecil.

Korupsi berasal dari bahasa latin, corruption yang memiliki kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik, atau menyogok.

Dalam Pasal 2 UU Nomor 31 Tahun 1999 disebutkan bahwa korupsi adalah perbuatan melawan hukum dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain, baik perorangan maupun korporasi, yang dapat merugikan keuangan negara/ perekonomian negara dan juga korupsi dapat merusak tatanan sosial, ekonomi, dan politik suatu negara.

Tindakan korupsi tidak hanya merugikan keuangan negara tetapi juga mengikis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan institusi publik. Oleh karena itu, memerangi korupsi adalah tanggung jawab semua lapisan masyarakat.

Salah satu cara efektif untuk melawan korupsi adalah dengan menerapkan gaya hidup sederhana. Gaya hidup sederhana berarti hidup dengan menyesuaikan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan, serta menghindari pemborosan dan praktik hidup yang hedonis. Dengan demikian, gaya hidup sederhana dapat menjadi benteng yang kuat dalam melawan godaan untuk melakukan korupsi.

BACA JUGA:

𝐏ariwisata Super Premium:  Cilaka 13 Bagi Taman Nasional Komodo

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *