PUSO Teken Kerjasama MoU dengan Orkes Simponi UI Mahawaditra

JAKARTA, AktualNews.Org--President University Student Orchestra (PUSO) bersama Orkes Simponi Universitas Indonesia (OSUI) Mahawaditra melakukan kolaborasi kegiatan Join Force menampilkan Pagelaran Orkestra Musik Kebangsaan.

Helatan dalam Indonesia Emas ini akan digelar pada tanggal 23 November 2024 mendatang di Balai Resital Kartanegara, Jakarta Selatan.

Kegiatan Joint Force antara PUSO dengan Universitas Indonesia ini juga sebagai Tribute 30 tahun atas kepemimpinan Prof. Dr. Budi Susilo Soepandji membina Orkes Simponi UI Mahawaditra.

Prof. Budi Susilo Soepandji mengatakan, kolaborasi ini bertujuan untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

“Sekaligus menjadikan student orchestra sebagai media mempererat hubungan kerjasama antar kampus di Indonesia,” ujar Prof. Budi yang juga selaku Ketua Dewan Pembina President University Student Orchrstra (PUSO) di Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan MoU Kerjasama antara PUSO dan Orkes Simponi UI Mahawaditra pada Hari Jumat 30 Agustus 2024, di Kantor YPUP Menara Batavia, Jakarta.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh perwakilan mahasiswa, yaitu Dinda Rafaisya Pahrizal (LAW, 2024) dan Alfonsa Maria Theoloka Feka, sebagai Puteri Pariwisata Indonesia (NTT) dari Fakultas Kedokteran, President University (FKPU, 2024), dan Marvella Arisgraha, Mahasiswa UI Fakultas Kedokteran Gigi yang juga merupakan Ketua OSUI Mahawaditra Universitas Indonesia.

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Metta F. Ariono sebagai Artistics Director, OSUI dan Hary Wisnu Yuniarta yang merupakan Coach PUSO.Budi Soepandji sendiri merupakan pembina OSUI Mahawaditra selama 30 tahun.

BACA JUGA:

Dituding Pelakor, Pedangdut Tisya Erni Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

“Saat ini OSUI merupakan epicentrumnya student orchestra perguruan tinggi di Indonesia. OSUI Mahawaditra kerap tampil dalam berbagai undangan pentas internasional, seperti di Sideny Opera House di Australia, Singapura, dan berbagai negara di ASEAN,” ujar Budi.

Menurutnya, menjadi sebuah kehormatan bagi President University dapat berkolaborasi dengan OSUI.

“President University menjadi kampus swasta pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan student orchestra UI,” imbuh Budi yang merupakan Gubernur Lemhanas RI periode 2011-2016.

Sementara itu,  ini melihat bahwa pendekatan melalui seni musik ini bisa menjembatani berbagai macam hal kepentingan, termasuk memecahkan dinding-dinding fakultas yang terkenal kaku.

“Melalui musik, para mahasiswa dari dari berbagai Fakultas, seperti Fakuktas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi bisa bertemu, bekerjasama, bisa kompak dan tertib ikut aturan serta arahan dari arrenger (konduktor),” jelas Budi yang telah menekuni musik sejak usia 8 tahun.

Artistic Director OSUI Mahawaditra, Metta F. ariono mengatakan bahwa dalam pagelaran nanti, akan menampilkan berbagai lagu dan musik kebangsaan dan eropa klasik.

“Mereka akan membawakan lagu eropa barat klasik dan lagu-lagu kebangsaan dari indonesia. Konsepnya. Lagu lagu nostalgia,” ujar Metta.

Menurutnya, para pemain musik merupakan mahasiswa aktif yang berasal dari berbagai fakultas dari tiga angkatan yg berbeda dengan jumlah sekitar 65 pemain.

Sementara itu, Marvella Arisgraha, Mahasiswa UI Fakultas Kedokteran Gigi yang juga merupakan Ketua OSUI
mengemukakan bahwa dirinya mengapresiasi kerjasama kolaborasi dan pagelaran bersama dengan President Univeristy.

“Harapannya semoga kedepannya makin banyak kampus yang memiliki student orchestra meskipun tidak memiliki jurusan musik seperti UI dan President Univeristy,” imbuh Marcella.

Sebab menurutnya, banyak manfaat dan hal positif yang didapat dari ikut kegiatan ekstra yangbtidak ada kurikulum seperti orchestra ini.

“Dengan musik, kita dapat menyeimbangkan antara keilmuan dan seni, panji-panji ilmu dan seni bisa berkibar di kampus, ” kata Marvella.

“Lalu dengan student orchestra kita belajar untuk bekerjasama, kita tau arti toleransi dan taat aturan, karena bermain musik masing-masing pemain tidak bisa egois dan menunggu giliran bermain. Dan yang tidak kalah penting ialah musik pakai rasa, jadi kita bisa lebih peka,” bebernya.

Adapun inisiator President University Student Orchestra (PUSO), Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc mengemukakan bahwa kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka, memperkenalkan Fakultas Kedokteran President University, salah satu international class khusus Kedokteran di Indonesia.

“Nanti para calon mahasiswa yang ingin bergabung di Fakultas Kedokteran President Unuversity yang memiliki bakat dan minat bermusik akan kita fasilitasi dengan beasiswa khusus,” tutup Agus Canny.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *